Sabtu, 26 Mei 2018

Jurusan Perikanan.? Iy, Jurusanku Adalah Perikanan.

Tulisan ini ditujukan bagi teman-teman yang masih duduk di SMA dan sederajat yang berminat masuk di perguruan tinggi namun masih bingung dengan jurusan yang ada di perguruan tinggi karena terlalu banyaknya program studi yang membuat bingung para siswa SMA yang ingin lanjut. Maka saya akan memberikan informasi mengenai salah satu jurusan yang ada di Universitas Hasanuddin. Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan adalah tempat saya menimbah ilmu selama ini, jadi pada tulisan ini saya akan menjelaskan mengenai jurusan perikanan yang saya geluti selama ini sehingga dapat menjadi gambaran bagi adik-adik yang berminat dan penasaran tentang jurusan yang satu ini. 
Jurusan perikanan merupakan jurusan kelompok saintek atau ilmu alam yang ada  di perguruan tinggi negeri maupun swasta, jurusan ini dibawahi oleh Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang masuk dalam kelompok agrokompleks. Jurusan ini fokus pada sumberdaya alam bahari atau perairan dan masyarakat pesisirnya, jurusan perikanan membawahi empat program studi yakni manajemen sumberdaya perairan, budidaya perairan, pemanfaatan sumberdaya perikanan dan sosial eknomi perikanan. karena saya dari prodi pemanfaatan sumberdaya perikanan maka saya akan banyak menjelaskan mengenai prodi yang satu ini yakni prodi PSP. Prodi pemanfaatan sumberdaya perikanan merupakan prodi yang berada pada jurusan perikanan yang fokus mempelajari mengenai alat angkap dan teknologi hasil perikanan. jadi prodi ini fokus pada penangkapan, sistem informasi perikanan tangkap dan teknologi hasil perikanan. Praktikum dan praktek lapang sudah menjadi ciri khas jurusan ini, bagaimana tidak setiap semester hampir disetiap mata kuliah terdapat praktikum dan praktek lapangnya yang menanti para mahasiswa perikanan. Contohnya saja mata kuliah Ekologi Perairan dan mata kuliah Iktiologi menjadi awal kesibukan mahasiswa baru dalam menyelesaikan laporan yang begitu banyak. Sebelumnya mahasiswa semester pertama di jurusan perikanan di bekali mata kuliah dasar ilmu alam misalnya Fisika Dasar, Biologi Dasar, Kimia Dasar dan Matematika yang nantinya akan diterapkan di ruang lingkup kelautan dan perikanan.  
Sedikit menjelaskan kepada teman-teman mengenai motivasi saya pribadi sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan perikanan. Iya, mungkin sebagian teman-teman menganggap bahwa jurusan ini merupakan jurusan yang kurang elit dibandingkan dengan jurusan yang lebih banyak peminatnya, misalnya saja kedokteran, hukum, akuntansi dan teknik yang passing gradenya selalu tinggi tiap tahunnya. Namun saya percaya bahwa setiap jurusan pada intinya sama tergantung dari kita yang menekuninya sebagai mahasiswa. Jujur saja, jurusan ini merupakan jurusan pilihan pertama saya pada saat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, karena memang saya sangat berminat dengan jurusan ini setelah saya mengetahui bahwa pemerintah Joko Widodo akan fokus memajukan Indonesia dengan memanfaatkan sektor kelautan dan perikanan dengan program Poros Maritim Dunia. Sehingga sangat membutuhkan banyak sarjana-sarjana yang kompeten di kelautan perikanan yang akan mengelola sumberdaya perairan untuk kesejahteraan masyarakat dan memajukan bangsa Indonesia. Kemudian salah satu faktor yang mendorong saya masuk di salah satu ilmu alam ini ialah karena kemauan saya untuk lanjut kuliah di salah satu negara yang maju sektor perikanannya yang telah mendunia, yakni negara Jepang. Ia jepang salah satu negara sangat maju akan pemanfaatan lautnya dengan menggunakan teknologi yang canggih sehingga menjadi negara penghasil laut terbesar didunia.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar