Sabtu, 16 November 2019

Pengertian Meteorologi dan Klimatologi


Pengertian Meteorologi
Meteorologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yang mempunyai arti yaitu : Meteoros adalah ruang atas atau benda yang ada di udara. Logos adalah ilmu. Jadi Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari proses fisis dan gejala cuaca yang terjadi di lapisan atmosfer. Proses fisika tersebut berlangsung sangat dinamis, rumit dan terus menerus. Akibatnya cuaca senantiasa berubah menurut ruang dan waktu. Cuaca terdiri dari seluruh fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi atau sebuah planet lainnya. Cuaca biasanya merupakan sebuah aktivitas fenomena ini dalam waktu beberapa hari.


Pengertian Klimatologi
Klimatologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Klima artinya kemiringan bumi (lintang tempat) dan Logos artinya ilmu. Jadi Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim. Klimatologi adalah ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan sifat iklim, mengapa iklim di berbagai tempat di bumi berbeda , dan bagaimana kaitan antara iklim dan dengan aktivitas manusia. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca dalam waktu yang panjang. Cuaca rata-rata dengan jangka waktu yang lebih lama dikenal sebagai iklim. Aspek cuaca ini diteliti lebih lanjut oleh ahli klimatologi, untuk tanda-tanda perubahan iklim.
Klimatologi atau ilmu iklim yakni cabang ilmu pengetahuan yang membahas sintesis atau statistic unsur-unsur cuaca hari demi hari dalam periode beberapa tahun di suatu tempat atau wilayah tertentu. Sintesis unsur-unsur cuaca meliputi nilai rata-rata, maksimum dan minimum, frekuensi kejadian nilai unsur cuaca tertentu dan penyimpangannya. Mengingat besarnya pengaruh fisiografi (tata bumi) terhadap sifat cuaca dalam jangka panjang maka dalam ilmu iklim ditekankan pemahaman penggunaan ilmu fisika, statistika dan geografi.

2 komentar:

  1. The Teton Ridge Classic - Teton Ridge Classic - Teton
    › usid › Teton-Ridge-Classic titanium glasses frames › usid › Teton-Ridge-Classic Teton Ridge Classic. Teton Ridge Classic Classic. Teton Ridge titanium iv chloride Classic. Teton Ridge Classic. Teton Ridge Classic. Teton titanium razor Ridge Classic. Teton black titanium ring Ridge Classic. Teton Ridge Classic. Teton titanium road bike Ridge Classic. Teton Ridge Classic.

    BalasHapus